Translate

Rabu, 29 Oktober 2014

Sebuah Perjalan Yang menginspirasi

Pagi itu seperti biasa aku berkemas untuk
menuntut ilmu, aku pakai seragam ijo-ijo
khas sekolah aku, merapikan rambut biar
keliatan lebih rapih, menyiapkan jadwal
pelajaran, dan Pukul 06:30 aku mulai
perjalanan untuk berangkat sekolah. Dari
rumah menuju jalan raya aku jalan kaki.
Sesampainya di jalan raya, aku sengaja ngga
langsung berangkat biasa anak STM. :D


Setelah dirasa udah memasuki waktu yang
pas buat berangkat sekolah, aku bergegas
buat berhentiin angkot. Didalam angkot aku
lebih memilih diem, sambil mikirin berapa
mantan yang udah aku buat bahagia! :D


Sengaja aku ngga turun ditempat seperti
biasa, iya aku ngga mau rugi. Udah bayar
ongkos 2rb, masa cuma bentar bgt naik
angkotnya haha. Jadi aku lebih memilih jalan
memutar, secara aku ngga mau rugi, aku
juga berpikiran untuk berbagi rezeki buat
angkot jurusan lain. Meskipun resikonya
adalah datang sekolah terlambat dan jadi
santapan empuk guru piket.

Aku turun disebuah perempatan jalan, dan
melanjutkan naik angkot jurusan lain. Selang
beberapa meter ada seorang wanita yang
juga mau berangkat sekolah sambil
menuntun bapak-bapak yang 'maaf' kondisi
fisiknya ngga memungkinkan untuk jalan
sendiri. Iya, bapak-bapak itu adalah seorang
'tunanetra'.












 


"Keren nih cewek, udah cantik, ngga anti
sosial pula" pikir aku, sambil ngeliatin cewek
itu.

Jarang-jarang ada cewek cantik yang ngga
anti sosial, sayang waktu itu aku ngga
sempet kenalan. Soalnya aku ngga kepikiran
kearah situ sih. Aku lebih fokus sama hal
sosial yang dia lakuin. :))

Sepanjang perjalanan, pandangan aku
terfokus sama Bapak dan wanita itu..
Meskipun bapak dan wanita itu tidak
mempunyai ikatan keluarga, tapi aku liat
bapak dan wanita itu lumayan akrab.

Selang beberapa lama, wanita itu pun turun
dari angkot tak lupa diapun berpamitan
dengan bapak itu dan langsung bergegas
berjalan menuju ke sekolahnya. Otomatis
didalam angkot cuma ada aku, bapak itu,

 satu penumpang didepan dan sopir itu 
sendiri.

Pandangan aku sekarang lebih terfokus 

sama bapak itu, aku liatin dengan seksama 
dari ujung rambut sampai ujung kukunya. 
Pakainnya yang lusuh, kakinya yang tanpa 
alas kaki, tongkatnya yang setia 
menemaninya, dan sebuah tas yang dia 
gendong. Aku liat isi tas dari bapak itu 
adalah sebuah obat herbal sejenis tanam-
tanaman herbal yang udah dikemasi dengan 
rapih, mungkin bapak itu seorang penjual 
obat herbal.. Oh shit! Ternyata ada bapak-
bapak yang lebih keren dari bapak aku.

Hebatnya bapak ini, meskipun kondisi 

fisiknya ngga memungkinkan tapi masih 
semangat untuk bekerja dan ogah buat 
nyusahin orang lain. Malu dong kalo kamu 
yang punya kondisi fisik sempurna tapi cuma 
bisanya minta-minta dan nyusahin orang 
lain.

Aku kepikiran, kalo bapak ini punya keluarga 

ngga? Bagaimana cara dia berdagang 
dengan kondisi fisik seperti itu? Bagaimana 
dia tau tempat yang dia tuju? Kapan dia tau 
waktunya bilang kiri? Dll. Segudang 
pertanyaan terbesti dipikiran aku, rasanya 
ingin sekali bertanya ke bapak itu, tapi aku 
ngga memberanikan diri dan lebih memilih 
untuk terus mengamatinya.

Tapi aku yakin, tuhan punya caranya sendiri 

untuk menolong hambanya. Tuhan ngga akan 
menciptakan manusia tanpa kelebihan dan 
kekurangan. Aku yakin, ada kelebihan dari 
bapak itu sehingga mampu menutupi 
kekurangannya. Selain itu, rasa semangat 
dari bapak itu mampu buat bapak itu 
bertahan menjalani hidupnya.

Saking seriusnya aku mengamati bapak itu, 

tak terasa angkot sudah sampai di gang 
menuju sekolah, aku minta angkot untuk 
berhenti dan aku bergegas masuk ke 
sekolah.. Sejujurnya aku ngga enak ninggalin 
bapak itu sendirian didalam angkot, tapi mau 
gimana lagi aku harus berangkat sekolah.



Dan, Yup! Seperti prediksi aku, aku pasti 

terlambat masuk sekolah dan dihadang guru 
piket, tapi mungkin krn suasana hati guru 
piket itu lagi ngga badmood, aku disuruh 
langsung masuk tanpa hukuman apapun. 
Akupun masuk sekolah dengan 
membusungkan dada! :D

Sekian cerita aku tentang perjalanan ke 
sekolah, aku terinspirasi dari perjuangan 
hidup bapak itu. Semoga lain waktu aku juga 
bisa bertemu kembali dengan bapak itu hehe.

Semoga bermanfaat! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar